Peringati Harlah NU, Sekolah ini Ajak Siswa Ziarah Kiai Lokal

Banyumas, Humas Ma’arif,

Memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-93 Nahdlatul Ulama (NU) dan Harlah ke-73 Muslimat NU, Sekolah Dasar (SD) NU Masyitoh Terpadu (Master) Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah menggelar upacara bendera dan ziarah makam kiai lokal, Sabtu (26/1).

Kepala SD NU Master Sokaraja, Dani Sistriani menyampaikan upacara pengibaran bendera dilakukan di halaman sekolah. Uniknya, para guru yang menjadi petugas upacara, mengenakan seragam badan otonom NU seperti Muslimat, Fatayat dan Ansor Banser.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan edukasi dan refleksi makna harlah. Sebagai media dakwah untuk mengenalkan tokoh pelopor yang dulu hidup dilingkungan tempat tinggal siswa,” jelas Dani.

Dikatakan, momentum harlah diperingati untuk mengenalkan sejarah dan peran NU kepada siswa. “Ini penting dalam rangka membekali wawasan ahlussunnah wal jamaah dan amaliyah NU sejak dini,” katanya.

Dani menambahkan bahwa makam KH Tohirin Sokaraja menjadi tempat tujuan ziarah. Seorang tokoh ulama dari keluarga pendiri sekolah yang dulu ikut serta dalam dakwah islamiyah di Sokaraja dan sekitarnya.

“Kiprahnya (KH Tohirin) telah banyak dilakukan dalam bidang ekonomi dan pendidikan. Mengembangkan wirausaha dan pemberdayaan ekonomi untuk kemandirian umat,” tambahnya.

Acara diakhiri dengan doa bersama dan potong tumpeng. (Musmuallim Ma’arif)

Post Author: adminweb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *