MI Ma’arif NU 1 Pageraji Cilongok Raih Penghargaan Madrasah Hebat

Banyumas, Humas Ma’arif,

Perolehan penghargaan lomba madrasah hebat dan bermartabat bagi Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Pageraji Cilongok merupakan hasil kerja optimal dari warga madrasah.

Hasil lomba ini menjadi prestasi bersama seluruh komponen madrasah dalam mewujudkan lingkungan yang sehat, tertib, aman dan nyaman untuk belajar mengajar.

Hal itu dikatakan Ahmad Thontowi, Kepala MI Ma’arif NU 1 Pageraji saat memberikan apresiasi hasil lomba kepada semua guru dan karyawan, Sabtu (26/1) di madrasah setempat.

Thontowi menjelaskan indikator penilaian lomba ini hampir sama dengan lomba sekolah sehat. “Lingkungan harus bersih, rindang, cukup resapan air, pembuangan air limbah dan pengelolaan sampah yang sesuai standar,” ujarnya.

Dikatakan, untuk memenuhi kriteria lomba, madrasah harus sudah menerapkan pola hidup sehat dan bersih di sekolah. Mulai dari kebersihan diri sendiri, ruang kelas, kamar mandi dan lingkungannya.

Ketersediaan sarana prasarana menurut Thontowi juga sangat mendukung dalam penilaian. Termasuk standar jumlah kamar mandi yang sesuai dengan rasio siswa, tambahnya.

“Tidak hanya itu, standar minimal fasilitas kamar mandi harus tersedia seperti hand soap, sikat lantai, fentilasi, ketersediaan air, pengharum ruang dan pembuangan akhir kamar mandi yang standar,” papar Thontowi.

Sarana lain yang diperlukan adalah tempat ibadah beserta kelengkapannya. Taman madrasah yang menanam 10 jenis tanaman apotik hidup yang dilengkapi nama jenis tanaman dan kegunaannya.

Terakhir tentang fasilitas kesehatan, Thontowi menambahkan madrasah harus memiliki unit kesehatan sekolah yang representatif. Mulai dari ruangan, peralatan, fasilitas, pelayanan, administrasi dan struktur organisasi.

“Berkat kerja sama dan dedikasi semua warga madrasah, penghargaan ini bisa diraih. Semoga ke depan dapat mempertahankan prestasi ini, pungkasnya.

MI Ma’arif NU 1 Pageraji merupakan peraih juara 1 lomba madrasah hebat dan bermartabat dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama tingkat Kabupaten Banyumas. (Musmuallim Ma’arif)

Posted in MI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *