Enam Bulan PKL, Siswa SMK ini Terinspirasi Menjadi Pengusaha Otomotif

Banyumas, Humas Ma’arif,

Yosi Firmansyah, siswa asal SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, satu diantara ratusan siswa yang mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL). Pihak sekolah telah menempatkan siswanya ke beberapa lembaga atau instansi yang sejalan dengan jurusan siswa, termasuk ke bengkel sepeda motor.

 

Yosi, nama panggilannya, diterjunkan SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang untuk melakukan PKL pada semester gasal. Bersama dengan beberapa rekan sekelompoknya, dia ditempatkan di bengkel sepeda motor selama enam bulan.

 

Siswa Jurusan Teknik Sepeda Motor itu menjelaskan bahwa PKL sudah menjadi kewajiban bagi siswa di sekolahnya. Sebab praktek di lapangan sangat penting untuk menambah pengalaman secara teknis, jelas Yosi.

 

“Mengikuti PKL itu penuh dengan pengalaman baru dan menambah keterampilan. Disini dilatih cara memperbaiki sepeda motor, servis ringan dan tambal ban,” kata siswa kelas XI itu ketika ditemui Humas Ma’arif di Bengkel Sepeda Motor Kalibenda, Ajibarang, Ahad (6/1).

 

Yosi menambahkan meski letak bengkelnya agak jauh dari rumahnya, namun dia tidak mengeluh dan berusaha untuk tidak absen, bahkan hari minggu sekalipun tetap datang ke bengkel.

 

“Meski jauh dari rumah, saya tetap berusaha berangkat untuk PKL. Sebab di bengkel saya belajar teknik sepeda motor yang dapat dijadikan modal dasar untuk seorang calon pengusaha dibidang otomotif,” pungkas siswa yang tinggal di Grumbul Rejasari, Desa Gancang RT 1 RW 3, Kecamatan Gumelar itu. (Musmuallim Ma’arif).

Posted in SMK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *