TUTORIAL SIMAS UNTUK KEMANDIRIAN DATA MA’ARIF

 

TUTORIAL SIMAS UNTUK KEMANDIRIAN DATA MA’ARIF

Data kependidikan yang valid dan akurat akan memberi kemudahan akselerasi informasi pada satuan pendidikan. Sistem Informasi Manajemen Ma’arif Banyumas (Simas) perangkat baru yang menjadi instrumen pendataan sekolah/madrasah kedepan.

Hal itu disampaikan Agus Darmawan, Dosen Politeknik Ma’arif NU Purwokerto, tutor simas dan website Ma’arif Banyumas pada acara tutorial dan simulasi Simas yang dilaksanakan di Warung Zero Point Purwokerto, Ahad (23/12).

Agus mengatakan bahwa data kependidikan menjadi kebutuhan sekolah/madrasah dalam pengelolaan kelembagaan. Simas memuat beberapa feature menu yang menyimpan secara online data kependidikan.

“Menu yang ditawarkan pada simas masih terus diupdate. Hari ini kita meneruskan tutorial admin yang dilakukan secara berkala. Kedepan daftar isian online harus dilengkapi oleh admin sekolah/madrasah untuk validitas data,” jelas pria yang juga mahasiswa pascasarjana ilmu komputer UGM Yogyakarta itu.

Koordinator Humas, Media dan Sistem Informasi PC LP Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Musmuallim menyampaikan upaya menyatukan data kependidikan harus dimulai dari sistem. Website dan simas menjadi alternatif sistem untuk mempermudah proses pendataan sekolah/madrasah yang berbasis Ma’arif.

Kedepan PC LP Ma’arif NU Kabupaten Banyumas ingin menertibkan sistem pendataan. Melalui simas inilah diharapkan mampu memberikan data dan informasi kependidikan yang valid, harap Musmuallim mengakhiri acara tutorial.

“Semoga program aplikasi online simas ini dapat disambut dengan baik dan tidak memberatkan calon operator di sekolah/madrasah,” jelas pria yang juga Dosen Unsoed Purwokerto itu. (Redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *