Sako Ma’arif Banyumas Siap Kirim Peserta KML Jateng

Banyumas, Media Ma’arif (3/9/2021) — Sejumlah empat pembina Pramuka Ma’arif Banyumas siap mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) tingkat Jawa Tengah. Pembina yang didelegasikan berasal dari sekolah dan madrasah Ma’arif yaitu 1 Pembina Siaga, 2 Pembina Penggalang, dan 1 Pembina Penegak.

Ketua Sako Pramuka Ma’arif Banyumas, Musmuallim menyampaikan pengiriman peserta KML bagian dari kegiatan partisipasi di tingkat Jawa Tengah. Keempat peserta akan mengikuti kursus secara daring pada aplikasi zoom meeting, 11-14 September dan luring di Boja Kabupaten Kendal, 17-19 September mendatang.

“Kegiatan ini bagian dari peran aktif partisipatif dalam pembinaan orang dewasa di tingkat Jawa Tengah. Para pembina ini dapat mengembangkan kemampuannya dengan bekal hasil kursus sebagai pembina mahir lanjutan,” kata Koordinator Bidang Humas dan Media PC LP Ma’arif NU Banyumas itu, Kamis (2/9/2021).

Menurutnya, pembinaan orang dewasa di lingkungan Sako Ma’arif NU belum banyak digarap, terutama untuk mengisi posisi pembina mahir di Gugusdepan. Ke depan pembina yang telah mengikuti kursus untuk melakukan tindaklanjut kursus di pangkalannya masing-masing.

Musmuallim menambahkan, peserta yang akan didelegasikan yaitu Agus Waluyo Pembina Penegak dari SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang, Muhammad Syarifuddin Pembina Penggalang dari MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng, Cherul Anam Pembina Penggalang dari SD NU Master Sokaraja, dan Surtinah Pembina Siaga dari MI Ma’arif NU 3 Pasir Kidul Purwokerto Barat.

“Selamat mengikuti kursus, tampilkan performa Sako Ma’arif Banyumas di kancah Jawa Tengah dengan baik. Jaga kesehatan dan keselamatan, patuhi protokol kesehatan selama kegiatan, dan pulang membawa manfaat bagi Pramuka Ma’arif Banyumas,” pesannya.

Agus Waluyo, koordinator delegasi menyampaikan saat ini peserta sedang menyiapkan persyaratan administrasi, kesiapan fisik dan kesehatan. Semua persyaratan administratif dikirim secara online melalui aplikasi.

“Kami diberi dukungan dari LP Ma’arif untuk support biaya pendaftaran, dikawal oleh Sako Ma’arif dari mulai pendaftaran sampai besok saat pengembangan kursus. Kegiatan ini sangat mendukung bagi pengembangan potensi dan karir bagi Pembina Pramuka di Gugusdepan di bawah naungan LP Ma’arif Banyumas,” tandasnya.

Musmuallim

Tinggalkan Balasan