Ratusan Kera Sambut Pramuka Pengunjung Desa Wisata Cikakak

Banyumas, Media Ma’arif (3/2/2022) — Perwakilan anggota Dewan Ambalan KH. Abdurrahman Wahid dan Dewi Candrawati pangkalan SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang bersama Satuan Komunitas Ma’arif (SAKOMA) NU Tingkat Cabang Banyumas menggelar giat wisata di Desa Wisata Cikakak Wangon, Sabtu (29/1/2022).

Giat wisata dalam rangka eksplorasi desa wisata ini bagian dari agenda workshop jurnalistik dan literasi digital. Spot yang dikunjungi dengan menelusuri Taman Kera Cikakak yang menjadi salah satu ikon desa wisata.

Menurut Restu, anggota Kelompok Kerja (Pokja) Taman Kera setempat menyampaikan jumlah kera mencapai ratusan yang terbagi menjadi empat kelompok besar kera. Kebiasaan kera cenderung akan bertengkar jika bertemu dengan kelompok kera yang lain.

Baca Juga :  Giat Penggalang MTs Ma’arif NU 1 Cilongok di Pergamanas II Cibubur

“Warga disini tidak merasa terganggu dengan keberadaan kera tersebut. Sebab warga sudah merasa terbiasa hidup berdampingan dengan kera sejak dulu,” ucap Restu.

Anggota Pokja lain, Ade menjelaskan bahwa warga mempunyai cara khusus untuk menangkal kera tersebut agar tidak berani mendekat ,yaitu dengan memegang ban motor bekas. Konon ban motor bentuknya menyerupai sisik ular dan kera sangat takut dengan ular.

“Sudah dari dulu tidak tahu kenapa kera disini takut dengan ban motor bekas dan karet. Informasinya sebab trauma tertabrak dan bentuknya yang menyerupai ular,” jelasnya.

(Haura/Yuftika)

Tinggalkan Balasan