Mantap! Ikut Lestarikan Masjid Saka Tunggal, Pramuka Ma’arif Tulis Hasil Eksplorasi

Banyumas, Media Ma’arif (3/2/2022) — Anggota Dewan Ambalan Pangeran Diponegoro dan Nyi Ageng Serang SMA Ma’arif NU 1 Ajibarang bersama Satuan Komunitas Ma’arif (Sakoma) NU Tingkat Cabang Banyumas menggelar giat wisata di Desa Cikakak Wangon Banyumas, Sabtu (29/1/2022).

Peserta eksplorasi adalah Pramuka Penggalang dan Penegak dari pangkalan SMP/MTs dan SMA/MA/SMK Ma’arif yang berasal dari Kecamatan Wangon, Jatilawang, Lumbir, Purwojati, Rawalo, Ajibarang dan sekitarnya.

Giat wisata ini bertujuan untuk belajar tentang pentingnya literasi digital bagi generasi milenial dengan mengeksplorasi sejarah Masjid Saka Tunggal yang terletak di Desa Wisata Cikakak, Wangon.

Anggota Kelompok Kerja (Pokja) Taman Kera setempat, Restu mengungkapkan pendopo wisata dibangun untuk menambah pesona wisata sebagai pelengkap dari ikon Masjid Saka Tunggal.

Baca Juga :  Bangun RKB, MI Ma’arif NU Dawuhanwetan Kedungbanteng Gandeng Alumni

Letak pendopo, lanjut Restu berada di sebelah kiri patung monyet bagian barat. Pendopo yang dibangun satu tahun belakangan ini, difungsikan untuk perkumpulan warga desa dan sebagai tempat istirahat pengunjung.

“Pembangunan pendopo wisata Masjid Saka Tunggal untuk memberikan layanan dan kenyamanan pengunjung. Menambah ketertarikan dari ikon masjid dan patung kera,” tandasnya.

(Winda Putri/Adnan Vadil)

Tinggalkan Balasan