Pembina Pramuka Ma’arif Banyumas Raih Penghargaan Terbaik Pergamanas II Cibubur

 

Banyumas, Humas Ma’arif – Menjadi Pembina Pramuka yang sukses harus sesuai dengan ketulusan hati. Keterpanggilan untuk mengabdi pada pendidikan kaum muda melalui Gerakan Pramuka dilandasi rasa asah asih dan asuh. Dukungan dari sumber daya Gugusdepan dan perangkat pembinaan lainnya juga sangat menentukan seorang Pembina sukses menjalankan tugasnya.

Hal itu yang mengantarkan Agus Priyanto, Pembina Pramuka Putra MTs Maarif NU 2 Cilongok meraih penghargaan Pembina Terbaik I dan Lulu Indah Nurani, Pembina Pramuka Putri MTs Ma’arif NU 1 Cilongok sebagai Terbaik II.

Keduanya menjadi peserta Karang Pamitran Terbaik pada Perkemahan Pramuka Penggalang Ma’arif Nasional (Pergamanas) II di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur (19-24/2).

Agus dan Indah sapaan akrab mereka, secara aktif mengikuti proses pendidikan dan latihan (diklat) bagi orang dewasa untuk Pembina Pramuka melalui Karang Pamitran. Berdasarkan kecakapan dan keaktifan dalam menjalankan tugas dan penilaian diklat, keduanya memperoleh penghargaan sebagai Pembina Pramuka terbaik dan berprestasi.

“Predikat terbaik ini berkat keaktifan dan penilaian selama diklat Karang Pamitran. Pembina yang disiplin, cakap, mampu memimpin dan memenuhi kriteria penilaian dari panitia itulah yang berprestasi,” terang Agus saat dihubungi melalui handphonenya, Sabtu (23/2).

Dalam membina, lanjut Agus, perlu pengalaman dalam menggunakan beberapa metode pembinaan. Hal ini untuk menciptakan suasana latihan Pramuka yang menarik dan menyenangkan.

Pengalaman membina dan mampu berbaur serta cakap dalam Karang Pamitran menjadi modal untuk meraih predikat Pembina terbaik, tambah Agus.

“Penggunaan metode membina disesuaikan dengan materi latihan dan anak didik diharuskan untuk menyusun tugas secara beregu dalam latihan, sehingga latihan dapat terukur,” paparnya.

Agus menambahkan, keaktifan dalam forum Pembina juga sangat menentukan, tidak cukup dengan cerita pengalaman. Mampu memimpin kelompok dalam diskusi dan memiliki teladan yang baik.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi pribadi dan Pembina yang lain. Semoga memberikan manfaat dan persembahan kepada keluarga dirumah, keluarga besar MTs, LP Ma’arif NU dan masyarakat Banyumas,” pungkasnya. (Musmuallim Ma’arif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *