MTs Ma’arif NU 2 Cilongok Intensifkan Latihan Kontingen Pergamanas II

Banyumas, Humas Ma’arif-Penyelenggaraan Perkemahan Pramuka Penggalang Ma’arif Nasional (Pergamanas) II sudah mendekat. Pertemuan besar Pramuka Penggalang itu akan dilaksanakan pada 19-23 Februari mendatang di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta Timur.

Sejumlah daerah mulai menyiapkan kontingennya, tak terkecuali bagi Penggalang Putra Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma’arif NU 2 Cilongok yang akan mewakili Kabupaten Banyumas pada ajang itu.

Kepala MTs Ma’arif NU 2 Cilongok, Nadlir mengatakan langkah awal membentuk kontingen dengan menyamakan persepsi dan tujuan seluruh warga madrasah.

“Anak-anak dipilih dan diseleksi secara mental, fisik dan uji materi. Kemudian disusun jadwal latihan dan menunjuk komposisi pembina untuk melatih,” jelasnya.

Dikatakan, guna memperlancar kegiatan, madrasah menyiapkan anggaran dengan dukungan dan doa restu dari pengurus, komite serta orang tua siswa.

“Saat ini latihan mulai diintensifkan sampai nanti diakhiri dengan gladi bersih kontingen,” papar Nadlir.

Pembina Pramuka, Agus Priyanto menjelaskan latihan kontingen fokus ke mental dan pembentukan karakter. Materi lomba diberikan dengan pendampingan dari masing-masing pengampu.

Kegiatan yang akan diikuti yaitu giat wawasan, teknologi, kewirausahaan, kepramukaan, petualangan, pentas seni budaya, keagamaan serta kebangsaan.

Sementara jenis lomba yang akan dikompetisikan diantaranya pembiasaan aswaja an nahdliyah, tapak perkemahan, karnaval budaya, kuliner nusantara, yel-yel dan kontingen terfavorit.

“Hampir setiap hari kita latihan dengan mengacu pada petunjuk pelaksanaan kegiatan yang ada,” ungkapnya.

Agus menambahkan upaya lain juga dilakukan dengan mengikutkan peserta didik pada event lomba Jelajah Galang (Jegal) yang diadakan oleh MAN 2 Banyumas dan SMAN Ajibarang. Sebagai sarana menguji mental dan materi sebelum ke Pergamanas.

“Kemarin meraih juara tergiat 1 putra saat Jegal di MAN 2 Banyumas. Sekarang sedang persiapan mengikuti Jegal juga di SMAN Ajibarang,” pungkasnya.

Kabupaten Banyumas akan mengirimkan 2 regu pada ajang Pergamanas, yaitu regu putra dari MTs Ma’arif NU 2 Cilongok dan regu putri dari MTs Ma’arif NU 1 Cilongok. (Musmuallim Ma’arif)

Post Author: adminweb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *