MA Ma’arif NU Cilongok Juara Umum Porsema XI SMA/SMK/MA

Banyumas, Humas Ma’arif – Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif (Porsema) XI tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Banyumas tahun 2019 telah sukses digelar pada Sabtu (16/2) lalu di MTs Ma’arif NU 1 Wangon. Namun penyerahan tropi bergilir juara umum baru diserahkan pada Rabu (27/2) di MI Ma’arif NU 1 Banjaranyar, Pekuncen. Bertepatan dengan penyelenggaraan Porsema XI tingkat SD/MI.

Porsema dilaksanakan sebagai sarana pembibitan potensi siswa dibidang olahraga dan seni. Ajang kompetisi untuk penjaringan bakat minat siswa secara berjenjang.

Berhasil dinobatkan sebagai Juara Umum tingkat SD/MI diraih oleh Kecamatan Sokaraja, tingkat SMP/MTs oleh MTs Ma’arif NU 1 Kemranjen dan tingkat SMA/SMK/MA oleh MA Ma’arif NU 1 Cilongok.

MA Ma’arif NU 1 Cilongok berhasil menjadi juara umum Porsema XI untuk tingkat SMA/SMK/MA dengan perolehan piala kejuaraan sebagai berikut :
Juara 1 Debat Bahasa Arab
Juara 1 Film Dokumenter Amaliyah NU
Juara 1 Kaligrafi
Juara 1 Puisi Religi Putri
Juara 1 Pencak Silat Pagar Nusa Putra
Juara 1 Pencak Silat Pagar Nusa Putri
Juara 1 MTQ Putri
Juara 2 Catur Putra
Juara 2 Tenis Meja Ganda Putra
Juara 2 Tenis Meja Ganda Putri
Juara 2 Penulisan Biografi Kiai Lokal
Juara 2 Puisi Religi Putra
Juara 2 Menyanyi Qasidah Putra
Juara 2 Menyanyi Qasidah Putri
Juara 3 Debat Bahasa Inggris
Juara 3 Lari Maraton 5000 Meter

Guru MA Ma’arif NU 1 Cilongok, Moh. Syarif Hidayah menyampaikan anak didiknya telah serius dan berusaha matang dalam berlatih guna menghadapi Porsema XI. Meski dengan sarana madrasah yang terbatas, namun tidak menyurutkan semangat anak untuk berlatih.

“Mereka mendapat pendampingan dan bimbingan dari guru secara intensif. Selain memang anak yang bersangkutan memiliki talenta sejak pertama kali masuk madrasah,” katanya, Sabtu (2/3).

Syarif menuturkan, potensi yang dimiliki anak diseleksi untuk mendapatkan yang terbaik di tingkat madrasah. Hal itu untuk memberikan kesempatan unjuk bakat dan minat anak.

Perolehan kejuaraan ini, lanjut Syarif tidak berhenti sampai disini, lebih lanjut anak-anak dan tim harus mempersiapkan diri untuk menuju Porsema tingkat Jawa Tengah.

“Torehan pestasi ini berkat kerjasama pelatih, guru pendamping, tim pendukung dan warga madrasah semuanya. Semoga memberi pengalaman yang membanggakan bagi siswa dan madrasah,” pungkas guru TIK yang juga mahasiswa Pascasarjana IAIN Purwokerto itu.
(Musmuallim Ma’arif)

Post Author: adminweb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *