Kopiyah Ireng SMK Ma’arif NU 1 Kembaran Sambut Peserta Konfercab VII

Banyumas, Media Ma’arif (11/12/2022)-Memeriahkan perhelatan Konferensi Cabang (Konfercab) VII Nahdlatul Ulama Banyumas, siswa SMK Ma’arif NU 1 Kembaran berinovasi dengan membuka stand kedai kopi. Inovasi kopi yang diolah diberi nama “kopiyah ireng” sebagai hasil karya unit wirausaha dari sekolah setempat.

Gelaran Konfercab VII NU Banyumas sendiri berlangsung pada Ahad, 11 Desember 2022 M bertepatan dengan 17 Jumadil Ula 1444 H di Komplek Pondok Pesantren Mamba’ul Ushulil Hikmah Bakung, Linggasari, Kembaran, Banyumas.

Kepala SMK Ma’arif NU 1 Kembaran, Astajib Syariful Asyhar, S.T, menyampaikan kopi “kopiyah ireng” menjadi salah satu hasil karya dari unit usaha sekolah yang dikelola secara mandiri. Kopi khas pesantren Bakung ini diroasting dan packaging layaknya kopi di cafe pada umumnya.

Baca Juga :  Pendidikan Ketahanan Bencana untuk Penguatan Karakter Siswa

“Secara mandiri unit usaha milik sekolah mengelola dan memproduksi kopi khas Bakung. Rasa dan aroma kopi Kopiyah Ireng tidak kalah dengan kopi layaknya di cafe,” jelasnya, Ahad (11/12/2022).

Astajib menambahkan, unit usaha sekolah menjadi bagian dari upaya sekolah untuk melatih jiwa wirausaha bagi siswa. Warga sekolah dilatih kemandirian dalam memproduksi hasil karya kopi yang dijual dan dinikmati oleh masyarakat.

“Hasil karya kopi dari unit usaha sekolah menjadi bentuk usaha kemandirian sekolah. Melatih siswa memiliki jiwa wirausaha sebagai bekal pengembangan potensi di masa mendatang,” terang Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Banyumas tersebut.

(Musmuallim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *