Guru Ma’arif NU Dibekali Penanaman Nilai Karakter Aswaja

Banyumas, Humas Ma’arif (6/2) – Upaya memperkuat penanaman nilai Ahlussunnah wal Jamaah (aswaja) bagi siswa, sejumlah guru SMK Ma’arif NU 1 dan 2 Ajibarang dibekali pembinaan melalui workshop implementasi nilai aswaja perspektif pengembangan pendidikan karakter (PPK) di sekolah setempat, Rabu (5/2).

Kepala SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang, Zainudin menyampaikan bahwa workshop ini sebagai penguatan nilai aswaja pada guru. Sehingga diharapkan kelak guru mampu melaksanakan pembelajaran aswaja melalui pembiasaan dan keteladanan.

Dikatakan, tantangan aswaja di masa depan adalah internalisasi nilai aswaja pada siswa sesuai perubahan zaman. Guru menjadi ujung tombak dalam pembiasaan dan model bagi siswa.

“Penanaman nilai aswaja sangat penting, sehingga dimulai dari sisi hulu dikuatkan melalui peran guru. Pada sisi hilir diimplementasikan seiring dengan pengembangan pendidikan karakter,” jelasnya.

Zainudin menambahkan, penguatan pendidikan karakter diaplikasikan melalui penanaman aswaja sebagai perilaku keseharian. Perilaku yang mencerminkan nilai aswaja akan memperkuat sosok pribadi Muslim yang berkarakter.

“Melalui workshop ini diharapkan guru menghayati dan mampu mengimplementasikan dalam kehidupan. Guru menjadi model dan penggerak dalam penanaman nilai karakter aswaja di sekolah dan masyarakat,” tegas Ketua Tanfidziyah Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Ajibarang itu.

Musmuallim

Post Author: adminweb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *