Guru Ma’arif NU Banyumas Ikuti Bimtek Kurikulum 2013

Sebagai upaya pengembangan implementasi kurikulum madrasah, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menyelenggarakan bimbingan teknis (bintek) kurikulum 2013 (K13) bagi guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Banyumas di Komplek MI Ma’rif NU 1 Pageraji, Cilongok, 27-28 September 2018.

Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Fauzi mengatakan bintek ini kali kedua dilaksanakan, setelah sebelumnya pelatihan serupa kerjasama dengan salah satu penerbit buku. Bintek ini diselenggarakan secara mandiri, yang diikuti oleh ratusan guru MI yang berada dibawah naungan Ma’arif NU.

“Pengembangan kurikulum 2013 yang telah direvisi harus dipahami dan diimplementasikan oleh setiap pendidik. Setiap pendidik untuk segera melakukan penyesuaian terkait perubahan tematik pembelajaran dikelas,” terang Fauzi, di ruang sekretariat panitia setempat, Kamis (27/9).

Disampaikan, pelaksanaan bimbingan K13 terbaru ini bertujuan untuk menyempurnakan perubahan dan meneruskannya dengan inovasi di kelas. Gelaran bintek ini akan diselenggarakan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan.

“Bintek kali ini akan memberikan pengalaman dan pengembangan yang terukur. Peserta akan menerima tugas pengembangan untuk menyusun rencana pembelajaran dan microteaching,” tutur pria yang juga Wakil Dekan I FTIK IAIN Purwokerto itu.

 

Sementara, Arifin, guru MI Ma’arif NU 1 Pageraji, Cilongok menyampaikan peserta pelatihan ini dari unsur guru kelas bawah dan guru kelas atas. Keduanya nanti akan masuk pada kelas masing-masing sesuai kelas yang diampunya.

“Belum semua pendidik memahami secara utuh K-13, pembelajaran yang terintegrasi membutuhkan pemahaman yang integral. Selain itu diperlukan administrasi pembelajaran dan evaluasi yang khusus sesuai tema yang diberikan,” jelasnya.

Arifin berharap dengan bintek K13 ini peserta mendapatkan pengelaman dan pemahaman yang utuh. “Terutama dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik dan memberikan evaluasi hasil belajar kepada siswa,” tandasnya. (Musmuallim Ma’arif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *