Group Kentongan MI Ma’arif NU Krajan Pekuncen Meriahkan Porsema XI

Banyumas, Humas Ma’arif – Kecamatan Pekuncen telah sukses menjadi tuan rumah dalam gelaran Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif (Porsema) XI tingkat SD/MI se-Kabupaten Banyumas tahun 2019 pada Rabu (27/2) di MI Ma’arif NU 1 Banjaranyar, MTs dan SMK Ma’arif NU 1 Pekuncen.

Porsema menjadi ajang pencarian bibit potensi siswa dibidang olahraga dan seni. Ajang kolaborasi dan persaudaraan yang membangun jiwa sportif dalam sebuah kompetisi.

Berhasil dinobatkan sebagai Juara Umum tingkat SD/MI diraih oleh Kecamatan Sokaraja, tingkat SMP/MTs oleh MTs Ma’arif NU 1 Kemranjen dan tingkat SMA/SMK/MA oleh MA Ma’arif NU 1 Cilongok.

Dalam kemeriahan acara, ada hal yang menarik. Tampil memukau group musik kentongan siswa dari MI Ma’arif NU Krajan Pekuncen mengiringi pembukaan Porsema dan menghibur peserta dan guru pendamping selama kegiatan berlangsung.

Menariknya, meski alat musik kentongannya besar dan tinggi, namun tidak menyulitkan anak-anak untuk memainkannya. Mereka harus naik kursi bantu untuk bisa menabuh angklung, bedug dan alat lainnya.

Guru MI Ma’arif NU Krajan Pekuncen, Siti Rismawati mengatakan pihaknya memang diminta untuk mengisi acara pembukaan Porsema dengan musik kentongan.

“Kebetulan madrasah punya group musik kentongan yang dimainkan oleh anak-anak. Sehingga ketika ada permintaan dari panitia Porsema, kami menyanggupinya,” terangnya saat mendampingi anak didiknya menyanyi di arena Porsema, Rabu (27/2).

Siti menjelaskan, kalau anak didiknya mempersiapkan jauh sebelumnya. Mereka sudah lihai dan terampil memainkan alat musik kentongan untuk menghibur dan menyukseskan pembukaan Porsema.

Group kentongan ini, lanjut Siti sering mengisi acara keluarga, karnaval, hajatan dan sebagainya. Pihaknya siap diundang untuk tampil menghibur masyarakat.

“Kami bangga bisa tampil disini (Porsema). Banyak lagu yang dibawakan diantaranya ya lal wathan, shalawatan, perahu layar dan lagu daerah lainnya,” terang guru pendamping kentongan itu.

Ketua panitia, M. Hidayaturrohman menyampaikan Porsema dilaksanakan dua tahun sekali. Untuk menampilkan potensi siswa di bidang olahraga dan seni. Untuk memeriahkannya, panitia lokal menampilkan group musik kentongan.

“Selain untuk menghibur, group musik kentongan bertugas pokok pada acara pembukaan Porsema. Mengiringi saat prosesi pembukaan dengan tabuhan dan nyanyian,” katanya.

Rohman menuturkan, semua sumber daya yang dilibatkan sebagai bentuk penyambutan dan apresiasi tuan rumah menyambut peserta. Menambah semangat dan inspirasi yang menghibur atas keterampilan yang dimiliki siswa MI Ma’arif NU Krajan Pekuncen.

“Atas nama panitia, kami ucapkan terimakasih atas dukungan dari semua pihak. Porsema ini diharapkan memberi pengalaman prestasi bagi peserta, panitia, pendukung dan masyarakat sekitar,” pungkas Ketua MWC LP Ma’arif NU Kemranjen itu.
(Musmuallim Ma’arif)

Post Author: adminweb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *