Porsema XI SD/MI Didorong Lahirkan Bibit Atlet

Banyumas, Humas Ma’arif – Penyelenggaraan Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif (Porsema) XI Tingkat SD/MI se-Kabupaten Banyumas tahun 2019 digelar Rabu (27/2) di MI Ma’arif NU 1 Banjaranyar, MTs dan SMK Ma’arif NU 1 Pekuncen.

Porsema menjadi sarana penjaringan dan pembibitan bakat dan minat bagi siswa dibidang olahraga dan seni. Ajang kompetisi dan kolaborasi yang membangun sportivitas dalam bingkai persaudaraan.

Ketua panitia, M. Hidayaturrohman menyampaikan, agenda Porsema dilaksanakan rutin dua tahunan. Sebagai media untuk menjaring potensi peserta didik.

“Sejak dini penjaringan potensi anak dilakukan untuk memetakan kemampuan teknis peserta sesuai bakat minatnya,” katanya, Rabu (27/2) di ruang sekretariat panitia lomba.

Menurut Rohman, para juara I berhak maju ke Porsema tingkat Provinsi Jawa Tengah. Sehingga mereka harus terus berlatih dan mengasah kemampuannya.

“Porsema ini diharapkan mampu menjadi media pembibitan dan penjaringan awal calon atlet,” paparnya.

Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Fauzi mengatakan kondisi peserta didik pada satuan pendidikan Ma’arif sangat potensial.

“Banyak siswa sekolah atau madrasah Ma’arif yang masuk pada kompetisi di tingkat kabupaten atau provinsi melalui Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) dan event yang lain. Hal ini membuktikan bahwa potensi siswa dilingkungan Ma’arif patut diperhitungkan,” paparnya.

Fauzi menambahkan, bagi siswa yang berprestasi harus terus dilatih dan dikembangkan. Misalnya disalurkan melalui klub cabang olahraga tertentu, sehingga kemampuan anak terus terasah.

Sekolah atau madrasah, lanjut Fauzi harus memberikan dukungan kepada kemampuan atletik dan seni yang dimiliki anak didiknya.

“LP Ma’arif NU terus mendorong agar potensi siswa terus dikembangkan menjadi cikal bakal atlet masa depan,” harapnya.

Hasil akhir kejuaraan, keluar sebagai Juara Umum tingkat SD/MI diraih oleh Kecamatan Sokaraja, tingkat SMP/MTs oleh Kemranjen dan tingkat SMA/SMK/MA oleh Cilongok.
(Musmuallim Ma’arif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *