Gelar Karya P5, SD NU Master Sokaraja Pioneer Implementasi Kurikulum Merdeka

Banyumas, Media Ma’arif (25/11/2022) — Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka yang menekankan adanya hasil proyek pembelajaran peserta didik sangat mendukung bagi perkembangan pola pikir anak tentunya dalam aspek berpikir kritis. Inilah yang dilakukan SD NU Master Sokaraja, Jum’at (25/11/2022) bertepatan dengan Peringatan Hari Guru 2022, sekolah yang terletak di Jl Krida Mandala Sokaraja Tengah ini menggelar Education Expo Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) untuk yang pertama kalinya sejak pemberlakuan Kurikulum Merdeka diawal Tahun Pembelajaran 2022/2023 ini.

Dalam gelar karya mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan kegiatan membuat hasta karya barang bekas dan pemanfaatan limbah menjadi pupuk tanaman. Kegiatan yang merupakan kegiatan pertama kali dilaksanakan disekolah dan juga pada Korwilcam Dindik Sokaraja ini, dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Drs. Joko Wiyono, M.Si, Pengawas Korwilcam Dindik Sokaraja, Dra. Kun Martini beserta jajaran, dari pemerintah desa Sokaraja Tengah serta wali murid SD NU Master Sokaraja.

Baca Juga :  Teladani Nilai Juang Ulama, SMK Ma'arif NU 2 Karanglewas Gelar Kompetisi Siswa

Dalam sambutannya Kepala Dindik Kabupaten Banyumas menyampaikan dukungannya kepada sekolah terhadap program-program yang sudah menjadi ketentuan dalam Kurikulum Merdeka terutama Expo dan Gelar Karya semacam ini.

“Saya mendukung betul dan siap mensuport kegiatan seperti ini, karena hal ini merupakan aksi dan wujud pembelajaran yang nyata penerapan Kurikulum Merdeka yang sesungguhnya” terangnya.

Senada juga dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, selaku pengawas Sekolah Dasar Korwilcam Dindik Sokaraja, Dra. Kun Martini menjelaskan bahwa tujuan dari Expo dan Gelar Karya P5 ini diharapkan menjadi sebuah langkah awal untuk memberikan fasilitas kepada siswa dimana tidak hanya sebuah materi pembelajaran saja tetapi diberikan kesempatan untuk mengembangkan ketrampilan yang dimilikinya melalui inovasi-inovasi proyek yang dilakukan.

Baca Juga :  Lulusan SMA Ma’arif NU 1 Ajibarang Diminta Peka Zaman Digital

“Kegiatan expo dan gelar karya ini sangat luar biasa, anak diberikan tidak hanya materi tetapi diberikan ketrampilan sesuai keinginananya melalui inovasi proyek penguatan materi” jelas beliau.

Selain gelar karya, kegiatan ini juga diisi dengan tampilan para peserta didik SD NU Master Sokaraja dengan memainkan berbagai macam alat musik dan menyanyikan lagu lagu memperingati Hari Guru yang jatuh pada tanggal 25 November 2022 ini.
(Edi Guntoro)

Tinggalkan Balasan