Kepala SMK Ma’arif NU 1 Purwokerto Dilantik

BANYUMAS, HUMAS MA’ARIF – Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, Fauzi, melantik Kepala SMK Ma’arif NU 1 Purwokerto yang baru untuk masa kerja 2019-2023 pada Sabtu (9/2) di sekolah setempat.

Dalam sambutannya, Fauzi berpesan agar pihak sekolah terus melakukan pembenahan dalam pengelolaan kelembagaan. Sehingga ke depan sekolah ini menjadi percontohan bagi pendidikan Ma’arif di Kota Purwokerto.

“SMK Ma’arif NU 1 Purwokerto harus menjadi barometer bagi sekolah Ma’arif lain di tengah Kota Purwokerto. Sekolah menjadi pilihan tempat belajar yang memiliki layanan prima,” katanya.

Fauzi menambahkan sekolah harus membangun sinergitas dan penguatan peran Badan Penyelenggara Pengembangan Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (BP3MNU).

Untuk itu, lanjut Fauzi diperlukan sumber daya dan kinerja kepemimpinan kepala sekolah yang dapat mewujudkan tata kelola lembaga yang mampu menyediakan standar minimal layanan pendidikan.

“Kepemimpinan kepala sekolah dapat diukur dari kemampuan cara mengatasi problem dengan menguatkan komitmen bersama yang berorientasi pada mutu pendidikan,” paparnya.

Dikatakan, lembaga Ma’arif dihadapkan pada tantangan global, terutama dalam menjaga eksistensi sekolah. Untuk itu, satuan pendidikan harus lebih inovatif, kreatif, dan adaptif dengan perubahan.

Selain itu, tambah Fauzi seluruh komponen sekolah harus bekerja keras, disiplin dan tertib untuk menciptakan budaya mutu. Melalui kerja sama seluruh komponen, maka tujuan untuk mewujudkan sekolah yang unggul dan berprestasi tentu dapat diraih.

“Dengan layanan mutu dan pencapaian prestasi, maka akan terbangun kepercayaan (trust) masyarakat. Kondisi ini dapat digunakan untuk penguatan nilai ajaran Ahlussunnah wal Jamaah Annahdliyah sebagai basis penguatan budaya Islami di sekolah,” pungkasnya.

Sementara itu, kepala sekolah baru, Hendang Sri Wahyuni dalam sumpah jabatannya, menyebutkan akan melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan sebaik-baiknya. Semua dilakukan untuk kepentingan Nahdlatul Ulama, umat Islam dan masyarakat Indonesia melalui lembaga pendidikan Ma’arif NU.

“Akan menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam rangka ikhtiar untuk menjaga dan memajukan sekolah demi terwujudnya sekolah yang bermutu, berakhlakul karimah dan berprestasi”, tegas Hendang saat membacakan ikrar pelantikan kepala sekolah.

Rangkaian acara diisi dengan pelantikan pengurus BP3MNU, peresmian mushalla dan tasyakuran hari lahir sekolah. (Musmuallim Ma’arif).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *