Rama FM, Radio Kebanggaan Milik SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang

Banyumas, Humas Ma’arif – SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Banyumas Jawa Tengah salah satu sekolah yang memiliki dan mengelola radio komunitas secara mandiri. Sudah hampir tiga tahun berjalan, radio yang bernama Rama FM ini terus melakukan kolaborasi dan pengembangan.

Direktur Rama FM, Wahyono menjelaskan keberadaan radio sudah dikenal di beberapa daerah sekitar yang terjangkau yaitu Kecamatan Ajibarang, Cilongok, Wangon, Jatilawang, Gumelar, Lumbir dan sebagian masuk Kabupaten Cilacap. Sementara untuk arah barat meliputi Pekuncen dan sebagian Brebes Selatan.

“Secara operasional sudah berjalan dua tahun lebih. Pihak yayasan sangat mendukung dan mensupport aktivitas di radio,” katanya di Studio Rama FM Ajibarang, Rabu (13/3).

Wahyono menyampaikan, potensi radio dapat digunakan oleh masyarakat, termasuk untuk penyiaran iklan komersil dan layanan masyarakat.

Keberadaan radio sekarang, lanjut Wahyono dapat dimanfaatkan oleh LP Ma’arif atau sekolah dan madrasah Ma’arif untuk keperluan publikasi kelembagaan.

“Sebenarnya sekolah atau madrasah Ma’arif dapat ikut meramaikan radio dengan mengisi agenda siaran. Tawaran itu sudah dilakukan, namun belum semua merespon dengan baik,” jelas Guru SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang itu.

Dikatakan, penyiar radio yang bertugas diambil dari alumni. Tujuannya, sekolah ingin memberdayakan alumni yang bekerja maupun yang kuliah untuk meramaikan radio. Penyiar lain juga diambil dari kalangan penyiar senior dan profesional dari Purwokerto.

Konsepnya masih campuran antara radio komunitas populer dengan radio dakwah dan pendidikan. Jadi, dari pagi sampai malam diisi dengan murotal Qur’an, pengajian, kajian, info pendidikan, layanan masyarakat, musik populer dan lagu kesukaan pendengar, tambah Wahyono.

“Kami berharap dari humas LP Ma’arif dapat bersinergi dengan radio Rama FM, sehingga dapat mewarnai nuansa Ma’arif dalam agenda siaran,” harapnya.

Radio Rama dapat diakses di 103.6 FM yang berstudio di SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang lantai II, Jalan Raya Ajibarang KM 1, Kedungmeong, Pandansari, Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah 53163.
(Musmuallim Ma’arif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *