MI Ma’arif NU Singasari Giatkan Semarak Bulan Bahasa

Banyumas, Humas Ma’arif, (25/10) – Puluhan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif NU Singasari, Karanglewas secara bergantian melakukan kunjungan ke perpustakaan daerah Kabupaten Banyumas. Didampingi oleh guru, siswa diberi waktu untuk membaca koleksi buku di perpustakaan.

Hal ini dilakukan untuk memeriahkan bulan bahasa di madrasah. Acara dimeriahkan dengan giat literasi melalui gerakan gemar membaca khususnya di perpustakaan.

“Giat literasi dilakukan oleh siswa dan gurru dengan melibatkan orang tua yang diisi dengan gerakan mari membaca. Setiap orang tua siswa wajib membelikan anaknya satu buku bacaan minimal dua bulan sekali,” kata Kepala MI Ma’arif NU Singasari, Al Amin, Jum’at (25/10/2019).

Al Amin menambahkan, kegiatan lain juga dilakukan melalui aktivasi majalah dinding siswa, memasang pojok baca tiap kelas dan berbagai lomba kreatif. Diantara lomba yang digelar yaitu lomba cipta baca puisi, menulis cerpen, sinopsis, membuat poster, menulis halus dan pidato.

Giat bulan baca, lanjut Al Amin perlu dikenalkan kepada siswa melalui berbagai media dan aktivitas. Sebagai upaya untuk menanamkan kebiasaan gemar membaca.

“Apabila buku sudah menjadi kebutuhan siswa, maka memudahkan motivasi belajar dengan membaca di perpustakaan. Untuk itu, desain perpustakaan juga penting sebagai sarana belajar yang nyaman dan disukai siswa,” pungkasnya.

Musmuallim Ma’arif

Post Author: adminweb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *