MI Ma’arif NU 1 Langgongsari Cilongok Gelar Khotmil Qur’an Juz 30

Banyumas, Humas Ma’arif, 

Upaya mendidik karakter cinta qur’an pada siswa, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif NU 1 Langgongsari, Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah menggelar khotmil qur’an juz 30 pada Sabtu (12/1) malam. Acara yang sudah berjalan lima tahun ini, menjadi bekal siswa untuk selalu dekat dengan qur’an.

Guru MI Ma’arif NU 1 Langgongsari, Endro Suharyanto menjelaskan agenda khotmil qur’an ini dirangkai dengan pawai ta’aruf, atraksi drumband, seni musik kentongan dan ditutup dengan pengajian akbar.

“Kegiatan ini mengandung nilai spiritual bagi siswa, agar mengenal dan cinta qur’an. Paling tidak siswa mendasari juz 30 untuk dapat dilanjutkan saat memasuki jenjang yang lebih tinggi,” jelasnya.

Endro menambahkan bahwa siswa mulai menghafal sejak kelas rendah dengan model setoran pada guru pembimbing. Setoran dilakukan setelah kegiatan belajar mengajar selesai, sehingga tidak mengganggu belajar siswa dikelas.

“Hafalan al-Qur’an ini diperuntukkan bagi kelas enam. Tahun ini dari jumlah 53 siswa, baru 28 anak saja yang dapat menyelesaikan hafalannya,” jelas Endro saat dihubungi Humas Ma’arif pada Ahad (13/1).

Ia berharap kegiatan ini membawa perubahan perilaku pada siswa untuk lebih mentadaburi qur’an. Menanamkan nilai qur’ani kepada siswa agar kelak menjadi generasi yang shalih dan teladan.

“Prosesi khotmil qur’an menjadi kebanggaan bagi orang tua, guru dan siswa yang lain. Semua peserta tampil ke atas panggung untuk membacakan al-Qur’an. Acara ditutup dengan pengajian akbar hikmah menghafal dan mentadaburi al-Qur’an,” pungkasnya. (Musmuallim Ma’arif)

Post Author: adminweb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *