Menyuarakan Aspirasi Guru Ma’arif Lewat Radio Rama FM Ajibarang

Banyumas, Humas Ma’arif, (23/8) – Bidang Humas, Media dan Sistem Informasi Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Banyumas memiliki program on air rutin di Radio Rama FM milik SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang.

Program ini kerjasama dengan SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang yang telah mengelola radio komunitas secara mandiri. Selama tiga tahun terakhir, radio yang diberi nama Rama FM ini telah resmi mengudara.

Peserta siaran, Martati menyampaikan radio Rama FM menjadi ruang untuk menyampaikan suara guru. Sebagai media untuk mensosialisasikan lembaga pendidikan kepada masyarakat.

Menurutnya, LP Ma’arif sudah tepat menggunakan radio sebagai ruang aspirasi guru dan lembaga. Meski masyarakat sekarang berkurang dalam mengakses radio, namun hal ini dapat dijadikan sebagai gerakan masyarakat radio.

“Potensi sekolah atau madrasah dapat disyiarkan di radio. Kami merasa memiliki tempat untuk menyampaikan permasalahan kekinian dalam pendidikan,” kata guru MI Ma’arif NU 1 Pancurendang Ajibarang tersebut, Jumat (23/8/2019).

Sementara, peserta lain, Fika Rohmatulloh menyampaikan, siaran ini bagian dari upaya publikasi untuk menggelorakan seekolah atau madrasah melalui radio.

Keberadaan radio sekarang, lanjut Fika meski kurang poluler, namun sebagian masyarakat kita masih aktif dengan setia mendengarkan.

“Sarana ini sangat membantu mempublikasikan sekolah atau madrasah Ma’arif agar ikut meramaikan radio dengan mengisi agenda siaran,” jelasnya.

Fika berharap madrasahnya dapat diakses oleh masyarakat luas. Sehingga dapat mendongkrak nama madrasahnya lebih dikenal.

“Ke depan kami berharap program ini diteruskan dan memberi manfaat kepada sekolah atau madrasah Ma’arif untuk mensyiarkan kepada masyarakat,” pungkas pria yang juga guru MI Ma’arif NU 1 Pancurendang.

Siaran radio Rama FM sudah menjangkau ke beberapa daerah sekitar yaitu Kecamatan Ajibarang, Cilongok, Wangon, Jatilawang, Gumelar, Lumbir dan sebagian masuk Kabupaten Cilacap. Sementara untuk arah barat meliputi Pekuncen dan sebagian masuk Kabupaten Brebes bagian selatan.

Radio Rama dapat diakses di 103.6 FM yang berstudio di SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang lantai II, Jalan Raya Ajibarang KM 1, Kedungmeong, Pandansari, Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah 53163.

(Musmuallim Ma’arif)

Post Author: adminweb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *