LP Ma’arif NU Banyumas Gelar Bimbingan Teknis Kurikulum Merdeka

Banyumas, Media Ma’arif (1/07/2022) — Menyambut pelaksanaan kurikulum merdeka pada satuan pendidikan, Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Banyumas menggelar Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Madrasah dan Sekolah Ma’arif NU se-Kabupaten Banyumas. Bimtek ini digelar sebagai respon atas pemberlakuan dan penerapan kurikulum merdeka yang akan dipraktikkan pada satuan pendidikan yang dipusatkan di Aula D’Garden Hall dan Resto Purwokerto, Senin-Selasa, 27-28 Juni 2022.

Wakil Ketua PC LP Ma’arif NU Banyumas, Siti Asiyah, S.Pd.I., M.Pd mengatakan bimtek IKM ini sebagai langkah awal sosialisasi yang diberikan kepada Kepala Madrasah dan Sekolah dari jenjang MI/SD sampai MTs/SMP. Memberikan informasi tentang perubahan yang signifikan pada struktur dan konten kurikulum.

Baca Juga :  Meriahkan Hari Pramuka, Sako Ma’arif Banyumas Tanam 1000 Pohon

“Pertemuan ini sebagai ajang sosialisasi implementasi kurikulum merdeka bagi satuan pendidikan Ma’arif. Kepala Madrasah dan Sekolah harus memahami perubahan mendasar pada kurikulum merdeka dan langkah implementasinya melalui instrumen pembelajaran,” terangnya, Selasa (28/6/2022).

Asiyah menjelaskan, bahwa peserta berjumlah 181 orang yang terdiri dari 134 MI/SD dan 47 MTs/SMP. Sementara materi yang disampaikan diantaranya Overview Kurikulum Merdeka, Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Assesmen Pembelajaran, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, dan Modul Ajar.

“Sejumlah materi yang disampaikan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang struktur kurikulum merdeka. Perubahan kurikulum tersebut membawa konsekuensi madrasah dan sekolah harus menyesuaikan dilapangan dengan berpedoman pada petunjuk yang dipedomani bersama,” jelas Pengawas Madrasah Kemenag Banyumas tersebut.

Baca Juga :  Lima Pembina Pramuka Ma’arif NU Kedungbanteng Ikuti Kursus Kehumasan

Hadir narasumber dalam bimtek tersebut yaitu Dr. Alif Noor Hidayati, M.Pd (LPMP Jawa Tengah), Siti Nurhidayati, M.Pd (Pengawas Madrasah Kemenag Banyumas), Surtini, S.Pd., M.Pd dan Kasiyanto, S.Pd., M.Pd (Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Banyumas), dan Dr. Ani Widosari, M.Pd (Bidang Kurikulum PC LP Ma’arif NU Banyumas).

Musmuallim

Tinggalkan Balasan