Kaji Strategi Supervisi Pendidikan, Wakil Ketua LP Ma’arif ini Raih Magister

Banyumas, Humas Ma’arif

 

Siti Asiyah, Wakil Ketua I Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, telah berhasil meraih magister setelah mempertahankan karya ilmiahnya didepan dewan penguji di ruang sidang ujian tesis Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, Selasa (8/1).

 

Perempuan yang biasa disapa Asiyah ini, menyusun tesis berjudul Strategi Pengawas Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Supervisi dalam Persiapan Akreditasi di Madrasah Ibtidaiyah Wilayah Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas.

 

Kajian ini mendeskripsikan tentang metode atau cara pengawas madrasah dalam mengoptimalkan supervisi sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. Temuan supervisi ini dijadikan perbaikan teknis administratif untuk menunjang penilaian dalam akreditasi.

 

“Beberapa madrasah yang diteliti, memiliki karakteristik hasil supervisi yang berbeda-beda. Pengawas madrasah menggunakan strategi yang disesuaikan dengan karakteristik tersebut,” jelas Perempuan yang juga Pengawas Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Kabupaten Banyumas itu.

 

Asiyah menambahkan pengawas menggunakan strategi yang dibutuhkan madrasah. Strategi yang digunakan diantaranya 1) Menggunakan baseline, yaitu simulasi visitasi untuk memperoleh data awal, 2) Workshop telaah instrumen akreditasi, 3) Pendampingan secara intensif dalam dokumentasi bukti fisik, 4) Simulasi visitasi akhir dan 5) Tindaklanjut hasil simulasi visitasi dengan pendampingan penuh, tambah Asiyah.

 

“Pencapaian magister ini berkat dukungan semua pihak, terutama madrasah sebagai subjek penelitian. Saya berharap hasil kajian tesis ini dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan, khususnya untuk madrasah di Banyumas,” pungkasnya. (Musmuallim Ma’arif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *