Gelaran Porsema XII LP Ma’arif NU Banyumas Asah Prestasi Keterampilan Siswa

Banyumas, Media Ma’arif (7/11/2022) — Upaya mengembangkan potensi dan meningkatkan keterampilan peserta didik pada satuan pendidikan Ma’arif NU, Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Banyumas menggelar Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif NU (Porsema) XII Tingkat Kabupaten Banyumas di komplek MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang, Rabu (2/11) dan GOR SMP Ma’arif NU 1 Ajibarang, Sabtu (5/11).

Ketua Panitia, Hidayaturrohman, S.Pd.I mengatakan, secara keseluruhan kegiatan dibagi menjadi dua agenda yaitu bidang olahraga dan seni. Pada bidang olahraga mempertandingkan lomba bola voli, catur, pencak silat pagar nusa, sepak takraw, tenis meja, lari sprint, lari marathon, dan senam Islam nusantara.

Sementara di bidang seni, lanjut Rohman dilombakan pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Jawa, pidato bahasa Arab, pidato bahasa Inggris, debat bahasa Arab, debat bahasa Inggris, poster, puisi religi, musbaqah tilawatil Qur’an, kaligrafi, karaoke qasidah, film dokumenter, dan biografi ulama lokal.

Baca Juga :  Benahi Sistem Informasi, LP Ma’arif NU Banyumas Rekrut Tenaga IT

“Semua bidang lomba telah terlaksana berkat kerjasama dan pelibatan seluruh komponen LP Ma’arif. Panitia telah berupaya mengkombinasikan unsur yang terlibat, termasuk juri atau wasit yang disesuaikan kebutuhan,” terang Guru MTs Ma’arif NU 1 Kemranjen tersebut, Sabtu (5/11/2022).

Rohman menambahkan, petunjuk teknis Porsema NU XII Banyumas menyesuaikan pedoman teknis jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK di tingkat wilayah Jawa Tengah. Sebab para juara pertama nanti akan berlaga ke tingkat provinsi pada bulan Februari 2023 sesuai dengan petunjuk teknis yang telah ditetapkan.

“Para juara pertama berkesempatan melanjutkan laga di tingkat provinsi Jawa Tengah pada Februari 2023 mendatang. LP Ma’arif NU Banyumas telah berkomitmen untuk dapat meraih juara umum di tahun ini agar lebih meningkat dari Porsema 2019 lalu yang meraih juara umum kedua,” pungkasnya.

Baca Juga :  Siswa MI Ma'arif NU 1 Kaliwedi Ikuti MTQ Nasional di Sumatera Utara

Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Prof. Dr. H. Fauzi, M.Ag menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas terselenggaranya kegiatan yang mengasah potensi dan menguji keterampilan peserta didik Ma’arif NU. Porsema NU XII Banyumas menjadi tahapan untuk menjaring potensi peserta didik agar lebih berprestasi sampai tingkat nasional.

“Asah terus kemampuan dan keterampilan peserta didik kita, dorong potensi anak-anak kita untuk meraih prestasi gemilang. Bimbing, latih, dan salurkan bakat dan minatnya agar lebih berprestasi sampai ke tingkat nasional,” harapnya.
(Musmuallim)

Tinggalkan Balasan