Gebyar Pramuka Ma’arif NU Banyumas Asah Keterampilan Berkarya dan Berprestasi

Banyumas, Media Ma’arif (23/10/2022) — Memeriahkan Hari Santri Nasional 2022, Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma’arif NU Tingkat Cabang Banyumas menggelar Gebyar Pramuka Ma’arif NU se-Kabupaten Banyumas di Lapangan Desa Dawuhanwetan, Kecamatan Kedungbanteng, Sabtu (22/10/2022).

Acara Gebyar Pramuka Ma’arif NU ini dimeriahkan dengan Lomba Golongan Pramuka Siaga, Penggalang, dan Gladian Pimpinan Satuan (DIANPINSAT) serta Lomba Karya Tulis bagi Golongan Penegak.

Bentuk kegiatan ini diorientasikan untuk mengevaluasi pembinaan Pramuka pada Gugusdepan Ma’arif di Banyumas. Selain itu, sebagai wahana untuk pengembangan keterampilan dan mengasah prestasi bagi anggota pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak.

Ketua Sako Pramuka Ma’arif NU Tingkat Cabang Banyumas, Musmuallim menyampaikan upaya mengasah keterampilan dan mengukir prestasi terus dilakukan oleh Sako Ma’arif NU Banyumas. Upaya itu diwujudkan melalui keterampilan kepramukaan sebagai evaluasi pembinaan di Gugusdepan.

Baca Juga :  Guru SMP Ma'arif NU 1 Ajibarang Raih Juara I Nasional Inovasi Koperasi

“Hari santri nasional ini kita peringati dengan pertemuan Pramuka melalui ajang prestasi. Sebagai penempaan anggota Pramuka Ma’arif NU dalam kompetisi yang menarik, menantang dan mendidik,” terang Dosen Universitas Jenderal Soedirman tersebut.

Musmuallim menambahkan, kegiatan halang rintang Penggalang menjadi salah satu arena yang menantang. Setiap peserta harus melalui rintangan untuk melatih keberanian dan ketangkasan.

Bagi Pramuka Siaga, lanjut Musmuallim, dilakukan ajang kompetisi kuis melalui aplikasi tentang pengetahuan kepramukaan, umum, dan agama. Sementara Pramuka Penegak berkarya melalui lomba karya tulis ilmiah yang dipresentasikan dan dipertahankan di depan dewan juri.

“Semua jenis lomba menjadi alat pendidikan yang disesuaikan dengan usia golongan Pramuka. Lomba dan kejuaraan bukan menjadi tujuan, namun menjadi media untuk memotivasi dalam berkarya dan berprestasi,” pungkasnya.

Baca Juga :  MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan Gelar Perkemahan Tahun Baru Hijriyah

(Humas Sako Ma’arif NU)

Tinggalkan Balasan