Berkah Angkut Sampah, Siswa SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Juara III Inovasi Nasional

Banyumas, Media Ma’arif (07/02/2023) — Kompetisi Inovasi Ma’arif Tingkat Nasional Lembaga Pendidikan Ma’arif NU PBNU telah selesai digelar. Lomba yang diikuti kategori guru dan siswa ini sangat kompetitif dengan berbagai karya inovatif dari berbagai penjuru nusantara.

Perwakilan Banyumas, yaitu SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang mendapatkan kesempatan menjadi juara 3 nasional. Siswanya, telah berhasil membuat aplikasi dalam pengelolaan sampah di masyarakat.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Agus Waluyo, S.Pd., M.Pd menyampaikan siswanya telah memperkenalkan inovasi pengelolaan sampah warga melalui aplikasi. Sebuah aplikasi untuk mempermudah warga dalam mengelola sampah secara online, teratur, dan murah.

“Angkut sampah merupakan sebuah rancangan aplikasi untuk mempermudah kita dalam mengelola sampah secara online yang lebih terorganisasi, dan efisien,” terangnya, Senin (6/2/2023).

Baca Juga :  LP Ma’arif NU Banyumas Gelar Bimbingan Teknis Kurikulum Merdeka

Agus menambahkan, melalui aplikasi ini pengelolaan sampah akan lebih terorganisasi lewat berbagai fitur. Cukup menyediakan tempat sampah di depan rumah dengan aplikasi yang menghubungkan petugas pengangkut sampah secara langsung.

Rencana struktur fitur aplikasi yaitu 1) Angkut (Fitur Utama); 2) Peta (fitur pendukung utama); 3) Pembayaran uang sampah online; 4) Edukasi tentang sampah. Semua fitur diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara bertahap dan terkontrol.

“Melalui aplikasi ini, dapat mempermudah masyarakat dalam membuang sampah, lebih terorganisasi dan efisien dalam pengelolaan,” jelas Sekretaris Sako Pramuka Ma’arif NU Banyumas tersebut.

Seperti diketahui, kategori guru, dinobatkan juara favorit dari MA Al-Muhajirin Purwakarta, juara 1 SMP Al-Madina Wonosobo, juara 2 diraih MA Al-Muhajirin Purwakarta, dan MTs Al-Fatich Surabaya meraih juara 3.

Baca Juga :  Expo SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Demo Karya Siswa

Sementara kategori siswa, juara favorit diraih SMA Al-Muhajirin Purwakarta, juara 1 SMA Assa’adah Bungah Gresik, juara 2 diraih SMP Pancasila Krian Sidoarjo, dan untuk juara 3 diraih SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang, Banyumas.

Penyerahan hadiah para juara dilaksanakan pada acara Seminar Internasional dan Kompetisi Inovasi Ma’arif di Hall Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya, Ahad, 5 Februari 2023 lalu.

(Musmuallim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *