Asyik! Berlatih Sambil Bermain Kembangkan Karakter Pramuka SD NU Master Sokaraja

Banyumas, Media Ma’arif (12/2/2022) — Latihan rutin Kepramukaan di Gugusdepan Pramuka mengandung nilai pembinaan karakter pada setiap golongannya. Tak terkecuali pangkalan Gugusdepan Pramuka SD NU Master Sokaraja yang mengintegrasikan pendidikan karakter pada setiap latihan rutin.

Ekstrakurikuler Pramuka di SD NU Master Sokaraja dibagi dua golongan, yaitu Pramuka Siaga dan Pramuka Penggalang. Penggolongan ini berdasarkan pada usia dengan menu latihan untuk melatih karakter tanggungjawab bagi Siaga dan mandiri bagi Penggalang.

Kepala SD NU Master Sokaraja selaku Ketua Mabigus Gerakan Pramuka, Dani Sistriani, S.Pd menyampaikan program sekolah akan selalu dikaitkan dengan Program Pendidikan Karakter (PPK) termasuk kegiatan Pramuka. Sebab dalam latihan Pramuka terkandung nilai kerjasama, gotong royong, nasionalisme, dan tanggungjawab.

Baca Juga :  Nasionalisme! Pesan Harlah 96 NU di SDNU Master Sokaraja

“Aktivitas Pramuka mengandung nilai yang selaras dengan PPK. Gugusdepan SD NU Master akan terus perkuat latihan sesuai kebutuhan dan perkembangan usia penggolongan Siaga dan Penggalang,” jelas Kakak Dani, sapaan akrabnya dalam Gugusdepan Pramuka, Sabtu (12/2/2022).

Dani menambahkan, kegiatan Pramuka rutin digelar hari Sabtu dengan materi yang asyik, menarik, dan mendidik. Gugusdepannya memiliki 197 golongan Siaga dan 71 golongan Penggalang.

“Masing-masing golongan memiliki pembina tersendiri. Materi pembinaan disesuaikan dengan golongannya yang mengacu pada pencapaian Syarat Kecakapan Umum,” pungkasnya.

Edi Guntoro/Musmuallim

Tinggalkan Balasan