59 Guru Banyumas Ikuti Penyusunan Kisi-kisi Soal Ujian Sekolah

Banyumas, Humas Ma’arif-Tercatat sejumlah 77 orang mengikuti penyusunan kisi-kisi soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN) dan ujian sekolah (US) di Green Valley Baturraden, Rabu (30/1).

Peserta terdiri dari guru dan pengawas sekolah. 59 orang berasal dari guru Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan 18 pengawas sekolah yang terpilih dari beberapa kecamatan di Kabupaten Banyumas.

Kasi Kurikulum Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Ani Widosari mengatakan, seluruh peserta dikarantina untuk menyusun kisi-kisi soal USBN dan US.

“Peserta diambil dari hasil seleksi menyusun soal USBN pada saat workshop penyusunan soal berbasis HOTS beberapa waktu yang lalu,” katanya.

Ani menjelaskan bahwa peserta dibagi menjadi 3 kelompok yaitu penyusun kisi-kisi soal USBN, kisi-kisi kurikulum 2006 dan kisi-kisi kurikulum 2013.

“Produk dari kegiatan ini adalah dokumen kisi-kisi USBN dan US yang dalam waktu dekat akan didistribusikan ke SD/MI,” papar perempuan yang juga Koordinator Bidang Kurikulum dan Penjaminan Mutu Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Banyumas itu.

Dokumen kisi-kisi itu, lanjut Ani akan dijadikan pedoman dalam persiapan USBN dan US melalui pengayaan dan try out ujian sekolah/madrasah.

Tindaklanjut kegiatan ini peserta akan diajak untuk menyusun soal USBN dan US ke luar daerah Banyumas untuk menjaga kerahasiaan. Sebab hal ini menjadi tanggungjawab sepenuhnya Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

“Rencana penyusunan soal akan dilaksanakan di Kota Tegal pada Februari mendatang,” pungkasnya.

Post Author: adminweb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *