Dua Warga Belanda Kunjungi MA Ma’arif NU Cilongok

Banyumas, Humas Ma’arif – Upaya mengembangkan program keterampilan siswa, Madrasah Aliyah Ma’arif NU Cilongok melakukan penjajakan kerjasama dengan lembaga donor Van Empel Goldman Foundation asal Belanda di aula madrasah setempat pada Rabu (31/7/2019)

Kepala MA Ma’arif NU Cilongok, M. Asror Sa’bani menyampaikan, kedatangan dua warga asal Belanda ini untuk memotret potensi pada program pengembangan madrasah. Mereka anak muda, Casper Goldman dan Isabelle van Empel, keduanya mewakili lembaga donor Van Empel Goldman Foundation Belanda.

“Saat ini program pengembangan keterampilan siswa ada dua macam, yaitu program keterampilan komputer dan tata busana. Lembaga donor ini merasa tertarik untuk menjajaki kerjasama di bidang pengembangan keterampilan siswa,” terangnya.

Asror menambahkan, hasil penjajagan ini akan ditindaklanjuti dengan program kerjasama pengembangan madrasah vokasi. Memberikan sarana dan prasarana pendukung dan mendatangkan tutor langsung dari Belanda.

MA yang baru berumur delapan tahun ini, lanjut Asror, terus berupaya meningkatkan kapasitas siswa dalam menghadapi era global. Satu diantaranya melalui pendidikan life skill bagi siswa.

Mengingat kebanyakan latar belakang ekonomi orang tua menengah ke bawah, sehingga siswa perlu dibekali keterampilan hidup sebagai modal di masa mendatang, imbuh Asror.

“Ke depan akan dijalin kerjasama di bidang keterampilan komputer dan tata busana bagi siswa,” terang pria yang juga Wakil Sekretaris Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Banyumas tersebut.

Ketua Pengurus MA, Arif Maftukhin menjelaskan, lembaga Van Empel Goldman Foundation ini dipelopori oleh anak muda Belanda. Mereka bergerak pada program sosial untuk pengembangan sumber daya manusia.

Arif berharap dengan adanya kunjungan kerjasama ini memberikan tawaran dan kontribusi positif bagi pengembangan program keterampilan siswa.

“Penjajakan kerjasama ini harus membuahkan hasil untuk mendukung pengembangan program keterampilan komputer dan tata busana di madrasah,” pungkasnya.

(Yanuareza/Musmullim Ma’arif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *